Saturday, August 6, 2016

Pokemon Go - Augmented Reality yang bikin kecanduan


Tau Pokemon ? serial animasi yang sukses di tahun 90 dan 2000an, sekarang pun movienya masih ada yang baru, movie pokemon terakhir kalo gak salah Pokeemon the Movie - Hoopa and the Clash of Ages tahun 2015. inti cerita dari pokemon adalah seoran anak bernama Ash yang ingin menjadi pokemon master, namun sebelum menjadi pokemon master dia harus jadi trainer dulu, nah ketika menjadi trainer ini dia harus berkeliling dunia untuk mengumpulkan data data pokemon, karena pokemon itu tersebar diseluruh dunia.

yang unik dari pokemon adalah selain bermacam macam jenisnya dan kekuatan pokemon itu sendiri, ada pokemon jenis tumbuhan, burung, mamalia, dan lain lain. kekuatan pokemon juga bermacam macam, mulai dari kekuatan Api, Air, Angin, Listrik, dan lainnya. pokemon juga bisa  berevolusi menjadi lebih kuat, ada berbagai macam tahapan evolusi pokemon, dan tidak semua pokemon mempunyai tahapan evolusi yang sama, karena faktor faktor tersebut pokemon sangan digemari.

Lalu bagaimana jadinya jika pokemon di "hidupkan" di dunia nyata? disitulah Niantic. Inc sebuah perusahaan game membuat Pokemon Go. Pokemon Go adalah program permainan Augmented Reality berbasis lokasi yang berjalan di gadget kita  yang berbasis Android dan IOS, dengan pokemon go kita bisa menjadi seperti Ash yang mengumpulkan data data pokemon dengan cara menangkap pokemon di berbagai tempat, Pokemon Go mempunyai fitur Pokestop,  yang dapat digunakan oleh pengguna sebagai tempat menangkap pokemon dan juga Gym untuk melatih pokemon.

Pengguna dapat menangkap, melatih dan menjadi Master Pokemon dengan permainan ini, walaupun permainan ini diharuskan penggunanya untuk bergerak mencari pokemon, namun permainan ini begitu digemari oleh segala lapisan umur. sepertinya Niantic telah berhasil membawa kita maju selangkah dalam berbain game, jika dahulu game bermain hanya di satu lokasi, dengan Pokemon Go kita bisa bermain dan travelling disaat yang bersamaan, patut ditunggu game game augmented reality lain yang akan bermunculan setelah pokemon go ini.

Thursday, April 18, 2013

Upgrade Java 1.6 to 1.7 In Ubuntu Command

Permasalahannya adalah ketika kita meng-compile java dengan versi lebih baru, maka dijalankan di versi lama akan  menghasilkan


Exception in thread "main" java.lang.NoClassDefFoundError: version
Caused by: java.lang.ClassNotFoundException: version
        at java.net.URLClassLoader$1.run(URLClassLoader.java:217)
        at java.security.AccessController.doPrivileged(Native Method)
        at java.net.URLClassLoader.findClass(URLClassLoader.java:205)
        at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:321)
        at sun.misc.Launcher$AppClassLoader.loadClass(Launcher.java:294)
        at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:266)
Could not find the main class: version. Program will exit.
untuk itu pertama coba periksa versi java yang terinstal di server. caranya ketik java - version
akan keluar
java version "1.6.0_27"
OpenJDK Runtime Environment (IcedTea6 1.12.4) (6b27-1.12.4-1)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 20.0-b12, mixed mode)
lalu update dengan perintah
apt-get install openjdk-7-jdk openjdk-7-jre icedtea-7-plugin (artinya memakai plugins Icedtea )
setelah di install maka cek dahulu jika versinya masi yang lama ketikka perintah ini
$ update-java-alternatives -l
java-1.6.0-openjdk 1061 /usr/lib/jvm/java-1.6.0-openjdk
java-1.7.0-openjdk-amd64 1051 /usr/lib/jvm/java-1.7.0-openjdk-amd64
$ sudo update-java-alternatives -s java-1.7.0-openjdk-amd64
setelah itu maka jika kita periksa dengan java -version maka hasilnya
java version "1.7.0_03"
OpenJDK Runtime Environment (IcedTea7 2.1.7) (7u3-2.1.7-1)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 22.0-b10, mixed mode)

Monday, March 25, 2013

test post blog from my xperia P

hello. andri disini.. balik lagi.. setelah sekian lama gak ngepost di blog ini.. trakhir ngeblog gw bilang mau belajar jquery mobile.. hmm udah gw pelajari.. dah nyoba buat aplikasi juga. tapi akhirnya  ya gak gw terusin.. anyway.. karena sekarang lagi ngetest aplikasi blogger yg gw download di google play.. hmm lumayan bagus.. simple.. cepet.. dan ringan... jadi.. karena gw udah install aplikasi ini.. smoga ajah nanti gw akan sering update blog ini..  :D salam

Thursday, October 11, 2012

Belajar Jquery Mobile



baru saja saya mempelajari Jquery Mobile :D. ya mungkin sedikit terlambat. namun terlambat lebih baik daripada tidak pernah mencoba bukan :D.. hmm jquery mobile sangat memudahkan kita membuat mobile application.. setelah mencoba beberapa pemograman seperti android.. ios.. blackberry native.. yang kesemuanya sangat berbeda.. baik prilaku. metode. environmentnya juga tentu :D.

Jquery mobile walaupun bukan native application. namun cukup untuk membuat aplikasi mobile sederhana.  ya saat ini saya belum bisa menampilkan hasil aplikasi saya disini. namun semoga kedepannya akan saya tampilkan disini. untuk yang ingin belajar jquery mobile dapat langsung ke sini

Sunday, February 5, 2012

Query Clause "OR", "AND" in Sphinx Search Engine

Hello,

sometimes we want to sphinx to search in specific index like address and state, but sometimes we want to make it's like mysql query who support "or", "and" clause.

it's many ways to do that, but i wanna share simple one (for me it's simple one :D)

hmm.. i use sphinx 1.10. and without bullshit it's the sample code you can use for "or", "and" cluase:


$results = $sc->Query('@title  javascript & @city newyork | @country "united state");

just like that, it's simple right :D just use " | " for "or" and "&" for "and".

$sc in there is variable you use for define sphinx api in your code..

hope it's usefull for you :D


       

Wednesday, October 12, 2011

RT (Real Time) index pada Sphinx

meneruskan posting saya disini

Beberapa hari ini saya mencari cari cara membuat realtime index menggunakan spihinx
setelah muter muter di forum forum dan dengan bantuan mbah google saya mendapatkan beberapa pencerahan

  1. sphinx mendukung realtime index sejak versi 1.10 versi 0.9x tidak mendukungnya
  2. ada beberapa cara melakukan realtime index, 1 menggunakan main:delta index dan yang kedua menggunakan type RT pada indexer di sphinx config.
saya menggunakan cara yang kedua karena main: delta index menurut saya bukan RT yang benar benar RT, maksudnya adalah kita membuat 2 buah index untuk menyimpan hasil indexing sphinx kita, yang pertma menggunakan main: dan updatenya disimpan di delta dahulu, namun ada waktu berkala untuk mengupdate indexing kita(Maaf jika pemahaman saya sedikit salah :D namun sepengetahuna saya itu yang dilakukan sphinx).
namun jika kita menggunakan RT, maka input baru yang kita masukkan dapat langsung dicari menggunakan sphinx search
mungkin langsung saja langkah;langkah membuat RT index di sphinx

  • tambahkan di dalam sphinx.conf anda seperti ini

index testrt{
type = rt
path = c:/sphinx/data/testrt
charset_type = utf-8
rt_mem_limit = 512M
rt_field = nama
rt_field = alamat
rt_field = kota
rt_field = telp
rt_attr_string = nama
rt_attr_string = alamat
rt_attr_string = kota
rt_attr_string = telp
}

maksudnya adalah kita membuat index testrt dengan tipe rt(realtime), hanya tambahkan saja, karena realtime index tidak memerlukan source untuk mengindex.


  • lalu dibagian searchd didalam sphinx.conf tambahkan

searchd{
listen = 9312
listen = 9306:mysql41 log = c:/sphinx/log/searchd.log
query_log = c:/sphinx/log/query.log
read_timeout = 5
max_children = 30
pid_file = c:/sphinx/log/searchd.pid
max_matches = 1000
seamless_rotate = 1
preopen_indexes = 0
unlink_old = 1
workers = threads}


yang saya bold adalah yang terpenting dalam bagian searchd, jadi maksudnya searchd akan listening port 9306 di localhost kita untuk melakukan indexing ke dalam index testrt kita dah workers adalah parameter yang dibutuhkan untuk melakukan RT index

lalu jalankan service sphinx yang sudah ada

setelah itu buka mysql di command prompt lalu ketiikan


jika berhasil maka data jhon akan masuk ke dalam hasil indexing kita, 

UPDATE


untuk mencoba di php kita dapat membuat script php untuk insert mysql sederhana contohnya seperti ini

       $con = mysql_connect("127.0.0.1:9306");
        if (!$con)
        {
            die('Could not connect: ' . mysql_error());
        }

mysql_query("INSERT INTO testrt(id,nama,alamat,kota,telp) VALUES (1001,'lala','jalan jalan','jogjakarta','98989878');


penjelasannya seperti ini:
  •  $con = mysql_connect("127.0.0.1:9306"); adalah kita mecoba koneksi ke mysql dengan port 9306 dimana port tersebut juga digunakan oleh sphinx untuk melakukan realtime indexing.
  • lalu lakukan insert atau update dengan query mysql, namun tablenya adalah nama index dalam config sphinx kita      

Saturday, April 9, 2011

Review Softwaretoko.org dalam hal Usability user pada Interaksi Manusia Komputer

Untuk tugas akhir IMK(Interaksi Manusia Komputer), saya akan merewiew website softwaretoko.org dari segi usability usernya,dalam IMK ada 4 jenis user yaitu browser, evaluator,transactor, dan customers, kita akan membahas softwaretoko.org ini di lihat dari 4 jenis tipe user tersebut
pertama masuk web ini saya tidak paham maksud dari web ini, apakah web ini menjual berbagai software computer, seperti e-commerce. Ternyata ini adalah web penjualan software untuk toko. ya software untuk toko jadi memang e-commerce namun skalanya hanya software keluaran perusahaan tertentu :D
Sebelum saya membahas tentang usability sofwaretoko.org ada baiknya kita lihat dulu apa yang saya dapat ketika masuk ke softwaretoko.org ini